Pengelolaan Data Mandiri Melalui Aplikasi Employee Self Service Berbasis Online


Sekarang ini semakin banyak perusahaan yang mengembangkan konsep remote workplace. Dengan demikian, pihak perusahaan harus mengetahui aktivitas kerja karyawannya tersebut. Pihak perusahaan tentu menginginkan kepastian bahwa karyawannya bekerja produktif meskipun dikerjakan secara remote. Salah satu solusinya adalah dengan memanfaatkan Human Resource Information System (HRIS) yang berupa Employee Self Service (ESS).

Apa Itu Aplikasi Employee Self Service?
Aplikasi Employee Self Service merupakan aplikasi yang memiliki fitur attendance management.
Karyawan dapat langsung melakukan absen masuk dan absen pulang dari aplikasi Employee Self Service yang terinstal di ponsel mereka. dalam aplikasi Employee Self Service memerlukan peran GPS yang digunakan saat melakukan absensi untuk verifikasi.

Mengapa Aplikasi Employee Self Service Sangat Diperlukan oleh Perusahaan?
Aplikasi Karyawan Employee Self Service menjadi unsur penting bagi kelengkapan sebuah perusahaan. Dengan memanfaatkan aplikasi Employee Self Service perusahaan dan karyawan dapat meminimalisir kemungkinan-kemungkinan yang dapat merugikan banyak pihak. Jadi fungsi dari aplikasi Employee Self Service bagi sebuah perusahaan antara lain:

1) Mengatasi masalah miss komunikasi.
2) Menghemat penggunaan waktu dan biaya
3) Mempertahankan sekaligus meningkatkan produktivitas karyawan.
4) Menciptakan manajemen pengetahuan yang efektif.
5) Menyediakan konten yang relevan dalam waktu yang singkat.

Apa Saja Keunggulan Aplikasi Employee Self Service?
Aplikasi Employee Self Service sebagai alat penting dalam perusahaan tentunya dibalik fungsinya, aplikasi ini memiliki banyak keunggulan, di antaranya:

1. Tingkat Akurat Data Sangat Tinggi
Data-data karyawan yang bersifat bisa berubah seperti nomor handphone, alamat, dan email dapat diubah sendiri oleh karyawan tersebut. Tidak semua perusahaan selalu memperbaharui data karyawan.

Dengan demikian aplikasi Employee Self Service memiliki peranan secara tidak langsung agar para karyawan bertanggung jawab untuk selalu update mengenai data-data dirinya. Penggunaan aplikasi Employee Self Service juga memungkinkan pergantian data tersebut dengan mudah dan cepat dibandingkan jika karyawan tersebut harus datang ke ruang HRD dengan tujuan hanya untuk update data.


2. Meningkatkan Efisiensi Keperluan
Dalam keadaan tertentu, mungkin saja seorang karyawan harus meminta pengajuan izin cuti atau sakit. Dengan aplikasi Employee Self Service, karyawan tidak perlu membuang-buang waktu hanya untuk mengurus perizinannya secara manual, karena semua bisa dilakukan secara online.

3. Meringankan Kegiatan Administrasi
Aplikasi Employee Self Service akan membantu kegiatan administrasi seperti jika ingin mengetahui data seorang karyawan. Tidak perlu mencari di tumpukan form cetak dan menghabiskan banyak waktu, karena data karyawan bisa diakses secara online dalam Employee Self Service.

4. Keamanan Data Lebih Tinggi
Aplikasi Employee Self Service memiliki fitur penyimpanan data secara elektronik melalui media penyimpanan database. Dengan demikian, karyawan dapat melakukan enkripsi pada data tersebut. Selain itu, aplikasi Employee Self Service akan membuat proses penyimpanan tersebut menjadi semakin cepat.

***

Dengan memahami betapa pentingnya sistem aplikasi Employee Self Service terhadap kinerja karyawan dan perusahaan, maka Anda sebaiknya berhati-hati dalam memilih aplikasi Employee Self Service. Pilih lah aplikasi employe self service yang sudah teruji kualitas nya.

loading...