Sebelum Membeli, Ketahui Sistematika Kredit mobil bekas Ini!


Mobil sebagai salah satu kendaraan mewah saat ini tampaknya bukan benda yang wah lagi. Jika dahulu orang-orang yang memakainya adalah kalangan menengah atas, kini semua orang nyaris dapat mempunyai mobil melalui kredit mobil bekas . Hal ini membuat mobil memiliki pergeseran nilai. Dulu dikenal sebagai lambang kekayaan dan prestisi, sekarang hanya dinilai sebagai kendaraan biasa.

Akibatnya pasa mobil mulai bergairah, ditambah dengan perkembangan zaman, di era digital saat ini mudah untuk seseorang mendapatkan mobil tanpa mesti repot-repot untuk mencari mobil itu sendiri. Di antara banyak metode pembelian mobil yang digemari masyarakat saat ini ialah dengan teknik mencicil alias kredit mobil bekas. Cicilan mobil kini variatif, mulai dari kredit pada umumnya sampai kredit syariah yang ekslusif disediakan untuk pasar-pasar muslim yang dapat menghindari riba.

Lalu sebenarnya bagaimana sistematika kredit mobil bekas? Artikel ini akan membahas sejumlah tips dan kriteria serta metode melakukan cicilan mobil untuk Anda yang akan memulai mengajukan kredit mobil bekas.

Apa saja syarat kredit mobil bekas?
Sebenarnya syarat melakukan cicilan mobil dapat dibaca di leasing yang Anda tunjuk sebagai lembaya keuangan yang akan mengurus sistem cicilan Anda. Jika Anda adalah seorang pegawai negeri atau swasta, Anda akan diberikan syarat sebagai berikut.
1. Kartu Tanda Penduduk (KTP)

2. Lama kerja minimal (tiap leasing menetapkan lama kerja yang berbeda-beda)

3. Minimal berusia 21 tahun, sudah/belum menikah

4. Fotokopi Kartu Keluarga (KK)

5. Fotokopi bukti kepemilikan rumah atau bukti bahwa Anda tinggal di Indonesia (surat rekening listrik, PDAM, tagihan telepon rumah)

6. Fotokopi slip gaji atau surat keterangan gaji

7. Fotokopi NPWP

8. Usia maksimal (biasanya pihak leasing menetapkan usia maksimal di rentang usia pensiun

Intinya, Anda perlu untuk memperlihatkan identitas diri yang legal. Selain itu, Anda juga perlu memiliki kestabilan keuangan. Stabil dalam format gaji atau penghasilan keuangan. Maka dari itu Anda harus membuktikannya dengan slip gaji. Biasanya, antar leasing memiliki syarat dan jangka waktu yang berbeda-beda. Jadi penting untuk Anda memahami syarat dengan baik.

Setelah memenuhi syarat, bagaimana cara kerja kredit mobil bekas? Setelah memenuhi semua syarat di atas. Anda perlu membaca keseluruhan perjanjian dengan seksama. Setelah itu Anda perlu untuk memilih mobil yang diinginkan. Jika Anda menginginkan mobil baru, Anda bisa mencari di showroom atau dealer resmi.

Namun, jika Anda ingin mencari mobil dari perorangan, Anda perlu mencari referensi di internet kemudian menghubungi langsung pemilik mobil yang menjual. Setelah itu tawarkan pada penjual untuk pembelian secara kredit. Anda juga perlu mencari leasing atau bank yang dapat memenuhi keinginan kredit mobil bekas Anda ini. Datangi pihak bank bersama dengan penjual perorangan, jangan lupa juga memeriksa mesin dan body mobil dengan seksama. Jangan sampai Anda mengeluarkan biaya yang lebih besar untuk memasukkan mobil ke bengkel.

loading...