Tips Merawat Motor Biar Awet Mesin Tetap Bagus Yuk Simak!

Penggunaan sepeda motor matic di Indonesia sudah menjadi tren yang sangat massif. Entah itu perempuan maupun laki-laki sudah biasa menggunakan sepeda motor, sampai saat ini pasarnya bisa mengalahkan penjualan motor bebek serta motor sport. Penjualan sepeda motor sendiri pun ada dua cara, yakni dibeli dengan cara kontan dan secara Kredit Motor yang biasanya dilakukan oleh dealer-dealer sepeda motor.


Kebanyakan masyarakat Indonesaia hanya bisa mengendarai motor matic saja, namun tidak begitu memperhatikan perawatan motor matic. Walaupun motor baru maupun bekas, tentunya memerlukan perawatan agar kendaraan matic awet untuk jangka waktu yang lama. Tak perlu untuk disesali, nyatanya walaupun begitu tidak semua orang paham tentang bagaimana kondisi mesin motor matic dalam kondisi yang baik.

Oleh sebab itu sebagai pengguna motor maticmungkin ingin mengetahui tips entang bagaimana cara merawat motor matic yang kali ini dapat dipraktekan sendiri di rumah. Namun perlu diperhatikan, meski pengguna tidak menggunakan untuk perjalanan jarak jauh, perawatan lebih telaten terkhusus untuk motor matic yang menggunakan sistem injeksi ataupun sistem karbulator.

Gunakan Bensin Berkualitas
Tips ini menjadi susah-susah gampang, karena tidak jarang ada beberapa orang yang menjual bensin campuran. Untuk itu perlu berhati-hati saat membeli bensin, kualitas bensin sangatlah mempengaruhi kualitas mesin motor matic.

Servis Rutin Di Bengkel
Merawat motor matic secara berkala biasanaya meliputi penggantian oli, setting motor serta membersihkan karburator.

Ganti Oli Shockbreaker
Oli juga memang tidak hanya terdapat pada mesin motor biasa saja, namun oli biasanya juga terdapat pada shockbreaker.

Stabilkan Kecepatan Gas
Kecepatan yang kurang stabil akan merusak mesin hingga vanbelt motor, untuk itu stabilkan gan dan jangan sampai saat kecepatan motor secara tiba-tiba menurunkan gas begitu juga sebaliknya.

Merawat AKI
Mayoritas pengguna motor pernah mengalami mati AKI, untuk itu disarankan pengguna mengganti AKI dalam 7 hingga 8 bulan setelah penggantian terakhir.

Jangan Sampai Kehabisan Bensin
Dalam hal menjaga serta merawat motor matic, sangatlah penting untuk menjaga volume bensin. Karena kehabisan bensin bisa merusak mesin motor matic.

Rutin Panaskan Mesin Motor Di Pagi Hari
Tips Terakhir yakni panaskan mesin, karena dengan cara memanaskan mesin agar oli di dalam mesin akan melumasi mesin sehingga performa dari mesin akan menjadi maksimal dan siap digunakan untuk berkativitas.

loading...