Persoalan Umum dan Penanganan Service AC Mobil yang Tepat

Kendaraan yang prima tentu saja diharapkan setiap pemakainya. AC mobil adalah salah satu komponen penting dalam menciptakan kenyamanan selama berkendara. Adanya faktor risiko kerusakan terhadap AC mobil tentu mengurangi atau menghilangkan fungsinya sebagai pendingin. Service AC mobil yang tepat dapat menangani berbagai persoalan umum di bawah ini.


1. Freon Kurang atau Habis
Salah satu persoalan yang sering terjadi adalah Freon yang kurang atau habis, sehingga menyebabkan AC tidak optimal. Suhu dingin ruangan menjadi tidak terasa. Hal yang perlu dipahami, Freon tidak akan habis jika tidak terjadi kebocoran di sistem.

Jika terjadi kasus tersebut, maka dipastikan terjadi kebocoran dengan penyebabnya yang beragam. Pemeriksaan AC mobil untuk mengetahui penyebab kerusakannya adalah hal yang tepat. Setelah diketahui penyebabnya, penanganan lanjutan dapat segera dilakukan demi perbaikan AC.

2. Filter AC yang Tersumbat
Persoalan berikutnya adalah filter AC yang tersumbat. Saringan AC mobil juga berfungsi menyaring segala macam debu dan kotoran. Jika malas dalam membersihkannya, maka dapat mengakumulasi kotoran sampai menyumbat. Apabila sudah demikian, dipastikan sirkulasi udara pada AC mobil tidak akan optimal.

Meskipun kondisi AC tetap hidup, tetap saja tidak ada udara dingin yang keluar karena filter-nya tersumbat. Untuk itu, pihak jasa servis akan membersihkan komponen AC mobil agar kembali bersih dan berfungsi normal, tanpa penyumbatan debu atau kotoran lainnya.

3. Evaporator dalam Kondisi Kotor
Masalah AC mobil berikutnya adalah evaporator yang kotor. Debu adalah hal utama yang menjadi penyebabnya. Jika sudah terjadi hal semacam ini, maka sirkulasi AC tidak bisa lancar karena tidak dapat tersaring oleh filter. Cara untuk mengatasinya dengan membersihkan evaporator. Bengkel servis AC yang resmi dapat membantu Anda.

4. Kondensor dalam Kondisi Kotor
Kondensor terletak di bagian depan dekat dengan radiator. Posisi ini seringkali membuat kotoran mudah masuk. Akibatnya, suhu AC tidak terasa dingin. Jika gangguannya tidak parah, maka solusinya cukup dengan membersihkan kondensor. Jika tidak, Anda harus mengganti kondensor tersebut. Meskipun demikian, tetap saja harus dilakukan oleh tenaga ahli servis yang terpercaya.

5. AC Mengeluarkan Bunyi
Beberapa persoalan di atas mengakibatkan suhu AC tidak terasa dingin, berbeda dengan kondisi AC yang mengeluarkan bunyi. Kasus seperti ini biasa terjadi karena kerusakan pada oli kompresor, kelonggaran pada thrust bearing, dan kondisi aus pada piston. Untuk itu, sebaiknya segera hubungi pihak servis AC yang terpercaya agar penanganannya tepat mengatasi penyebabnya tersebut.

6. AC Berbau Tidak Enak
Persoalan berikutnya adalah AC berbau tidak sedap, meskipun Anda sudah memasang wewangian di dalam mobil. Jika kasusnya demikian, maka penyebabnya bisa jadi adalah kotoran ataupun bakteri yang sudah melekat di saluran dan juga evaporator AC.


Beberapa hal yang bisa dilakukan adalah menjaga kabin mobil tetap bersih. Hindari juga membuang sampah pada mobil dan pasanglah filter kabin yang berfungsi mencegah kotoran tersedot ke blower.

Demikianlah berbagai persoalan umum yang terjadi pada AC mobil beserta dengan penanganannya yang tepat. Untuk memperoleh penanganan tepat tersebut, Anda harus menghubungi pihak bengkel AC mobil yang resmi dan sudah terpercaya menangani berbagai persoalan. Perhatikan bagaimana jenis layanan beserta rekomendasi dari orang lain.

loading...